Ini Dia 5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Membuat Kamera Gopro Hero Tetap Awet

Teknologi Tips

Popularitas kamera aksi belakangan ini memang mengalahkan produk kamera DSLR bahkan juga mirrorless. Bukan hal yang baru lagi jika seandainya banyak diantara anak muda yang senang bereksperimen dengan produk kamera mereka untuk mencoba berbagai macam bentuk perekaman sebuah gambar atau video yang baru, hanya saja karena alasan kamera biasa memiliki ukuran yang terlalu besar dan juga tingkat ketahanan airnya kurang, maka tidak bisa maksimal dalam melakukannya. Itulah mengapa kemudian hadir kamera gopro hero.

Brand yang mempelopori hadirnya produk kamera aksi di dunia. Hingga sekarang ini bahkan ada banyak sekali seri produk yang dikeluarkannya yang pastinya akan sangat cocok dengan kebutuhan Anda dalam mengabadikan sebuah gambar atau moment berharga yang tidak mungkin menjadi sangat mungkin, misalnya adalah pengabadian moment di bawah air atau underwater, dengan kemampuannya yang bisa bertahan didalam air membuatnya tentu akan semakin nyaman mereka berbagai kegiatan menyenangkan tersebut.

Kamera gopro hero ini di pasaran ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau, konsumen yang ingin membelinya bisa secara mudah mendapatkannya lewat toko-toko terdekat. Penggunaannya akan tahan lama tentu dengan cara yang benar, pastikan untuk menghindarkan kamera aksi tersebut dari beberapa hal ini agar jauh lebih awet atau tahan lama, diantaranya adalah:

1. Resolusi yang terlalu besar, resolusi dengan bukaan yang tinggi memang bukan hal yang mustahil untuk direkam dengan memakai kamera aksi, namun pada dasarnya ukuran kamera yang satu ini di setting sangat kecil, sehingga jika pemakaian diatur terlalu tinggi maka bisa menyebabkan mesin bagian dalamnya jai cepat panas, dalam kondisi semacam ini sama halnya dengan smartphone atau produk teknologi yang lainnya tentu ada kemungkinan mengalami kerusakan karena terbakar. Apalagi sensor ini sangat berhubungan dengan memonitor suhu dari baterainya.

2. Hanya gunakan baterai asli milik Gopro yang sudah dibekalkan ketika pertama kali membeli, ada kalanya karena kebutuhan yang sangat tinggi di luar, misalnya adalah ketika travelling, maka baterai aslinya saja tak cukup untuk mengcover kebutuhan tersebut, sehingga hal ini membuat masyarakat selalu menyediakan baterai cadangan, boleh-boleh saja, namun jangan terlalu sering, karena sangat rentan merusak kamera tersebut.

3. Jangan memakai housing saat merekam gambar di darat yang panas, karena pemakaian housing hanya akan membuat kamera menjadi semakin panas, sehingga bisa menjadikannya overheating. Jadi pakailah secara biasa.

4. Perhatikan tingkat kedalam dalam memakai Gopro di air, salah satu hal yang paling sering terjadi dan menyebabkan kerusakan adalah pengguna tidak memperhatikan anjuran pemakaian kamera tersebut, misalnya di ketentuannya hanya diperbolehkan menggunakan kamera tersebut jarak 10 meter di bawah permukaan air, jika lebih dari itu tentunya akan rentan menyebabkan terjadinya kerusakan, jadi patut diwaspadai.

5. Simpan dengan tepat, penyimpanan ini juga sering kali disepelekan, padahal bagaimanapun jika tempat yang dipakai untuk penyimpanannya saja, baik itu dari kondisi kebersihan maupun untuk suhunya, maka dapat menyebabkan masalah pada kamera tersebut. Satu yang paling sering terjadi adalah lensa yang ditumbuhi jamur, hal ini disebabkan karena jarang membersihkan kamera tersebut setelah dipakai, langsung asal disimpan begitu saja.

Kamera gopro hero ini patut menjadi salah satu pertimbangan bagi Anda untuk melakukan kegiatan fotografi ekstrim, misalnya adalah di dalam air atau dengan banyak gerakan. Meskipun ukurannya kecil, namun memiliki kemampuan yang sangat tinggi dalam bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *